Pengetahuan, Pengetahuan Ilmiah, dan Penelitian Ilmiah

1.Pengetahuan
Secara etimologi pengetahuan berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu knowledge. Dalam Encyclopedia of Philosophy dijelaskan bahwa definisi pengetahuan adalah kepercayaan yang benar (knowledge is justified true belief) (Bakhtiar, 2004: 85). Sedangkan secara terminologi menurut Drs. Sidi Gazalba (dalam Bakhtiar, 2004: 85) pengetahuan adalah apa yang diketahui atau hasil pekerjaan tahu. Pekerjaan tersebut adalah hasil dari kenal, sadar, insaf, mengerti, dan pandai.

Pengetahuan adalah segala sesuatu yang ada di kepala kita. Pengetahuan yang kita miliki didasarkan pada pengalaman yang kita dapatkan. Selain pengalaman, kita menjadi tahu karena kita diberitahu oleh orang lain. Menurut Prasetyo ada dua sumber bagaimana seseorang memiliki pengetahuan, yaitu secara Eksperiental Reality (ER) dan Agreement Reality (AR). Eksperiental Reality adalah sumber pengetahuan yang kita dapatkan dengan cara mengalaminya sendiri. Sedangkan agreement reality adalah sumber pengetahuan yang didasarkan pada kesepakatan-kesepakatan antara diri kita pribadi dan orang lain.

Cara memperoleh pengetahuan (Prasetyo, 2005: 4) ada dua cara secara garis besar yaitu cara ilmiah dan cara tidak ilmiah. Cara yang tidak ilmiah merupakan cara mendapatkan pengetahuan dengan hanya bersumber pada salah satu sumber yang ada yaitu berdasar ER atau AR. Sedangkan cara yang ilmiah mencoba mengkombinasikan antara sumber pengetahuan yang bersumber dari ER dan sumber pengetahuan yang berdasar dari AR.

Ada beberapa macam cara manusia menguasai ilmu pengetahuan untuk hidup dalam dunianya. Beberapa metode tersebut diantaranya …..Download